JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022

STIMULATING 8TH GRADERS STUDENTS TO REVEAL MORAL VALUE OF SONG

Erna Wiyanti (Universitas Negeri Surabaya)
Ali Mustofa (Universitas Negeri Surabaya)
Tengsoe Tjahjono (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Jurnal penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan cara meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 dalam menemukan nilai moral pada lagu. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 8 SMP negeri di Surabaya. Strategi ini melalui dua sesi. Sesi pertama dalam meningkatkan siswa kelas 8 untuk menemukan nilai moral dilakukan di kelas 8 melalui beberapa pertanyaan dari guru sesi kedua dilakukan melalui pengamatan hasil tulisan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan hasil jawaban siswa dan hasil tulisan siswa.Kegiatan observasi dilakukan untuk mengetahui pemahaman teks lagu dari siswayang dilakukan guru selama pembelajaran. Dalam kegiatan observasi juga dilakukan untuk mengamati kemampuan pemahaman terhadap lagu dan menemukan nilai moral. Selain itu juga dilakukan kegiatan menulis. Peneliti melakukan observasi dengan guru dan siswa Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Hasil analis data menunjukan bahwa guru melakukan pengamatan menggunakan data tulisan siswa dalam menuliskan kembali ke bentuk tulisan lain berdasarkan nilai moral yang sudah ditemukan dalam lagu. Berdasarkan hasilan alisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa siswa dapat menemukan nilai moral pada lagu setelah melakukan pemahaman bacaan dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru. Siswa yang dapat menuliskan ulang menjadi teks naratif adalah siswa yang dapat menemukan nilai moral pada lagu. Hasil tulisan siswa yang pendek menunjukkan bahwa pemahamannya terhadap lagu kurang. Dalam strategi meningkatkan kemmapuan siswa dalam menulis, guru sebagai pembimbing bagi siswa untuk dapat memahami makna di balikcerita yang mengandung banyak pesan moral dan siswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam berpikir logis dan kritis dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...