Pawon: Jurnal Arsitektur
Vol 6 No 1 (2022): Pawon: Jurnal Arsitektur

Creative Placemaking Pada Ruang Terbuka Publik Wisata Bangunan Cagar Budaya, Untuk Memperkuat Karakter Dan Identitas Tempat: (Studi Kasus : Gedung Cagar Budaya Sobokartti, Semarang)

Firdha Ayu Atika (Intitut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Esty Poedjioetami (Intitut Teknologi Adhi Tama Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Gedung Kesenian Sobokartti merupakan salah satu cagar budaya di Kota Semarang, yang perlu dilestarikan keberadaannya. Upaya revitalisasi dilakukan untuk menghidupkan kembali eksistensi dari Gedung Sobokartti, sebagai pusat aktivitas budaya. Penelitian ini menekankan kepada penataan ruang terbuka publik, yang dapat berpotensi untuk memperkuat karakter dan identitas suatu tempat. Creative Placemaking digunakan sebagai pendekatan desain ruang publik yang merefleksikan kreatifitas dari seni dan budaya. Studi ini menggunakan metode kualitatif, yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk meningkatkan karakter dan identitas ruang terbuka publik Sobokartti adalah dengan mengkombinasikan aspek budaya, makna, dan kreatifitas menjadi satu kesatuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pawon

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Other

Description

Karya ilmiah sebagai wacana ilmu pengetahuan dan teknologi bidang arsitektur semakin beragam dengan pemaparan dari pelbagai sisi. Apapun bentuknya, ini adalah suatu pemahaman aspek dunia arsitektur yang semakin kompleks dan berkembang sesuai dengan tuntutan globalisasi. Jurnal Pawon akan selalu ...