Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 3 No. 1 (2018): DIDAKTIS 3: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018

Media Finger Doll Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Dongeng

Dety Nurbaeti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhammad Ihsan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mutiara Adha (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Saepul (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2018

Abstract

Finger doll merupakan suatu media yang digunakan sebagai alat bantu dongeng pada anak-anak. Media pembelajaran pada dasarnya digunakan oleh guru untuk mendukung kelancaran pembelajaran seperti ketepatan isi materi yang disampaikan, menjaga konsentrasi siswa, dan membuat situasi kondusif dalam kelas. Penggunaan media finger doll sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap dongeng merupakan suatu bentuk inovasi karena berani memadukan media baru kedalam dongeng untuk kegiatan pembelajaran. Ada berbagai kelebihan dari penggunaan media ini seperti memuat banyak tokoh dalam satu waktu, menarik perhatian dengan bentuk boneka yang unik, dan lain sebagainya. Penelitian dilakukan selama 3 siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...