Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 1 (2019): DIDAKTIS 4: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2019

Desain Didaktis Penjumlahan Pecahan Melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda untuk Meningkatkan Kemampuan Pemodelan dan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SD Kelas 5

Supriadi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2019

Abstract

Penulisan artikel penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan belajar siswa dalam kemampuan pemodelan dan berpikir kreatif matematik pada konsep pecahan. Tujuan penelitian untuk menyusun desain didaktis penjumlahan pecahan penyebut yang tidak sama melalui pembelajaran etnomatematika sunda permainan engklek dan endogendogan pada siswa kelas 5 SD di sebuah SD Islam kota Serang, Banten. Data hasil tes learning obstacle, desain didaktik awal dan revisi desain didaktik dianalisis dengan menerapkan metode didactical design research. Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan belajar berkurang dan adanya peningkatan kemampuan pemodelan dan berpikir kreatif matematik siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...