J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 2, No 2 (2021): JUNI 2021

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Maulana Maulana (Universitas Galuh)
Lala Nailah Zamnah (Universitas Galuh)
Asep Amam (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 1 Lumbung tahun pelajaran 2020/2021 yang sesuai dengan kriteria kualitas yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dibatasi sampai pada tahap development. Tahap analysis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan kurikulum, media dan materi. Tahap Design dilakukan dengan mengumpulkan data dan membuat rancangan bahan ajar sedangkan pada tahap development yaitu menerapkan kerangka produk dan memvalidasi serta merevisi bahan ajar berdasarkan masukan validator. Objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasis Geogebra berdasarkan kemampuan pemahaman matematis. Instrumen yang digunakan adalah yaitu lembar validasi berbentuk checklist mengenai kualitas bahan ajar yang memiliki kriteria pada rentang 1-5 dengan kategori sangat kurang-sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa penilaian kelayakan bahan ajar berdasarkan aspek kualitas isi 92,14%, keterlaksanaan 86,43%, kebahasaan 84,29%, tampilan software 91,84% dan aspek penggunaan 88,57%. Rata-rata penilaian kelayakan yaitu 89,57% dan termasuk dalam kategori sangat baik artinya bahan ajar berbasis Geogebra yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan layak digunakan. Hasil Uji Q-Cochran didapat Nilai Q hitung yang didapat yaitu 17,618 < Q Tabel (X2)(α=0,05;k-1=19)=38,58226 dan berdasarkan Nilai Signifikansi yang didapat yaitu 0,548 > α = 0,05  Maka H0 Diterima Kesimpulanya Hasil penilaian validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah "sama/tidak terdapat perbedaan" yaitu bahan ajar masuk kategori validitas tinggi yaitu sangat baik Kata Kunci : Bahan Ajar, Bangun Ruang Sisi Datar,Geogebra, Kemampuan Pemahaman, Pengembangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...