J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 2, No 3 (2021): OKTOBER

PENGARUH METODE CIRCUIT LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Lia Desiana (J-KIP)
Rita Patonah (Unknown)
Ilah Ilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican diduga disebabkan kurangnya terobosan baru dalam penggunaan metode pembelajaran. Metode pembelajaran Circuit Learning diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan: 1) hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning pada pretest dan posttest. 2) hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pretest dan posttest. 3) hasil belajar peserta didik yan menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning dengan yangg menggunakan metode konvensional pada saat posttest. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning pada pretest dan posttest; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pretest dan posttest; 3) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Circuit Learning berbeda dengan yang menggunakan metode konvensional pada saat posttest. Kata kunci: metode pembelajaran circuit learning, hasil belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...