NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 2 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA (STUDI PADA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

Sulaimiah Sulaimiah (Universitas Mataram)
Zainal Abidin (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui komitmen organisasi (Penelitian dilakukan pada Kantor Organisasi Kepegawaian Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiasi kausal dengan menggunakan metode kuantitatif. Data Metode pengumpulan yang digunakan adalah Melalui metode sensus, data asli yang dikumpulkan langsung dari narasumber melalui kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kepegawaian Provinsi dan Daerah NTB yang berjumlah 69 orang. yang digunakan dalam penelitian ini adalah linier multivariat dengan menggunakan SPSS Analisis regresi dengan menggunakan alat bantu aplikasi versi 23 menunjukkan bahwa: 1) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi Dinas Kepegawaian Provinsi dan Daerah NTB. 2) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTB. 3) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kepegawaian Daerah Provinsi NTB. 4) Komitmen organisasi tidak dapat memediasi dampak budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Biro Kepegawaian Daerah Provinsi NTB.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...