NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 7 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Nisrina Annisati Rahmi (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kusrin Kusrin (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Eka Yusup (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada saat pandemic covid-19. Dan untuk mengetahui hambatan komunikasi orang tua dan anak dalam meningkatkan motivasi belajar pada saat pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan dari pembahasan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan bahwa Pola komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap motivasi belajar pada saat pandemic covid-19 ditunjukan dengan pola komunikasi demokratis. Kelima informan yang telah diteliti oleh peneliti menggunakan pola komunikasi demokratis. Pola komunikasi demokratis yaitu pada umumnya ditandai dengan  adanya sikap saling terbuka antara orang tua dan anak. Mereka membuat semacam aturan – aturan yang disepakati bersama guna mencapai tujuan tertentu. Orang tua yang memiliki sikap demokratis ini yaitu orangtua yang mencoba menghargai kemampuan anak secara langsung. Hambatan komunikasi antara orang tua dan anak karena kurang nya pengetahuan cara berkomunikasi yang baik sehingga anak tidak mau mendengarkan perkataan orang tua. faktor lingkungan menjadi pemicu hambatan komunikasi orang tua dengan anak akibatnya anak tidak focus dan tidak mau untuk belajar. Pengaruh gadget juga menjadi pemicu hambatan komunikasi jika anak tidak di awasi dan di arahkan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...