NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 1 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PEMBINGKAIAN BERITA DEMONSTRASI UNDANG-UNDANG OMNIBUS LAW PADA MEDIA DARING TEMPO.CO DAN REPUBLIKA.CO.ID PERIODE OKTOBER 2020

Ramadhoni Cahya Candra Wibawa (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Kota Surabaya)
Yuli Candrasari (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Kota Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis framing berita demonstrasi UU Omnibus Law Cipta Kerja pada media daring Tempo.co dan Republika.co.id periode Oktober 2020. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini yaitu paradigma konstruktivis dengan menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman yang memiliki perangkat analisis yaitu pendefinisian masalah, penentuan penyebab masalah, penentuan keputusan moral, dan penyelesaian masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara Tempo.co dan Republika.co.id membingkai peristiwa yang sama yaitu demonstrasi UU Omnibus Law Cipta Kerja secara berbeda. Pada Tempo.co cenderung mendukung adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan demonstran dengan memilih frame berita yaitu demonstrasi merupakan bentuk perjuangan demonstran. Sedangkan frame yang dikonstruksi oleh Republika.co.id cenderung menentang adanya aksi unjuk rasa ini dengan menyeleksi frame yaitu demontrasi sebagai bentuk anarkisme demonstran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...