Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 2 (2021): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP SWASTA SWADAYA BULU CINA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIMASA PANDEMI COVID-19

Dika Diana Sari (STKIP Budidaya)
Ediaman Sitepu (Unknown)
Khairina Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil berjumlah 27 siswa kelas IX-B. Intrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan angket, yaitu untuk mengetahui deskripsi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika dimasa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata kesulitan belajar matematika siswa yaitu 5,7 yang termasuk dalam kategori sulit. Pada indikator “ketidakmampuan untuk mengingat nama-nama secara teknis” memiliki nilai rata-rata sebesar 6,78 termasuk dalam kategori sulit. Pada indikator “ketidakmampuan untuk menyatakan  arti dari istilah yang mewakili konsep tertentu” memiliki nilai rata-rata sebesar 6,67 termasuk dalam kategori sulit, dan pada indikator “ketidakmampuan untuk mengingat suatu kondisi atau lebih yang diperlukan” memiliki nilai rata-rata sebesar 2,92 yang juga termasuk dalam kategori sulit. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika siswa dimasa pandemi covid-19 termasuk dalam kategori sulit, artinya sebagian besar siswa merasa sulit dalam pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 yang mana pelaksanaan pembelajaran matematika dilakukan secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...