Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 11, No 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021

Deskripsi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Sebagai Dampak dari Pembelajaran Daring

Abd. Aziz Rusman (Dosen FITK UIN Sumatera Utara Medan)
Fauziah Nasution (Dosen Psikologi pada FITK UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa prodi BKPI adalah kecakapan dalam melakukan pembicaraan di depan umum, hal ini sebagai suber daya yang disiapkan dalam menghadapi peserta didiknya nanti setelah menjadi guru. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan keterampilan berbicara di depan umum yang dimiliki oleh mahasiswa BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan. Metode penelitian adalah kuantitatif deskripsi, sampel berjumlah 123 orang. Angket penelitian adalah pernyataan tentang kecemasan berbicara yang disebar melalui google form. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik deskripsi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan berbicara diperoleh skor total 10,294, mean 83,69, median 84,00, mode 87, skor tertinggi 88, skor terendah 73, dan standar deviasi 3,33. Sebanyak 23 mahasiswa atau 18,70% memiliki skor rata-rata, sebanyak 57 mahasiswa atau 46,34% memiliki skor di atas rata-rata, dan sebanyak 43 mahasiswa atau 34,96% memiliki skor di bawah rata-rata.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...