Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 11, No 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021

Deskripsi Penyesuaian Diri Mahasiswa Selama Belajar Daring di Prodi BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan

Fauziah Nasution (UIN Sumatera Utara Medan)
Abdul Aziz Rusman (1. Dosen Psikologi pada FITK UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penyesuaian diri adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk dapat memahami, menerima, dan berkolaborasi dengan lingkungan secara objektif, positif, dan dinamis. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan penyesuaian diri yang dimiliki oleh mahasiswa BKPI FITK UIN Sumatera Utara medan pada masa pandemic Covid-19. Penelitian menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Sampel berjumlah 123 dari mahassiwa BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan melalui google form. Data dianalisis menggunakan statistic deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh skor total 10,707, mean 87,05, median 87,00, mode 87, skkor tertinggi 92, skor terendah 82, standar deviasi 2,74. Sebanyak 17 responden atau 13,82% berada pada skor rata-rata, sebanyak 54 responden atau 43,90% berada pada skor di atas rata-rata, dan sebanyak 52 responden atau 42,28% berada pada skor di bawah rata-rata.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...