Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 4 (2021): October-December

Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia: Bahasa Indonesia

Yena Sumayana (STKIP Sebelas April)
Aulia Akbar (STKIP Sebelas April Sumedang)
Dewi Marlina (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cikawung Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia. Permasalahan tersebut terjadi disebabkan oleh kurang seriusnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran serta kurang maksimalnya guru dalam menerapkan penggunaan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media Pop Up Book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) yang pengambilan datanya dilakukan secara daring (online). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Cikawung yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Pop Up Book motivasi belajar siswa meunjukan peningkatan dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajarnya menunjukan peningkatan dengan signifikan. Dengan demikian, penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia pada siswa kelas V SDN Cikawung Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...