Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 1 (2022): January-March

Penerapan Learning Management System BelajarBareng.id di SMK Negeri 1 Leuwiliang pada Masa Pandemi Covid-19

Nina Nina (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Siti Khopipah A (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Eni Rahmalia (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Adinda F. Ramadani (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Alya K. Mirawan (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Chairunnisa Chairunnisa (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Firda Herdianti (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Azizzah A. Ardilla (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Ingeu L. Wulandari (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Leuwiliang. Untuk mengatasi permasalahan ini, sekolah tersebut menggunakan LMS BelajarBareng.id. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah LMS BelajarBareng.id milik SMKN 1 Leuwiliang, sample penelitiannya akun milik operator, guru dan siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembentukan dan implementasi Learning Management System (LMS) BelajarBareng.id dipengaruhi oleh teknologi pendidikan dan sumber daya manusia antara lain:(1) profesionalitas, (2) fungsional, (3) kompetitif), dan (4) partisipasi dan kerjasama. Learning Management System (LMS) BelajarBareng.id memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, yaitu: (1) administrasi guru, (2) kalender akademik, (3) memberikan materi dan tugas yang lebih variatif, (4) forum diskusi, (5) pelacakan, dan (6) penilaian. Kelebihan dan keunggulannya antara lain guru mudah dalam pemberian tugas kepada siswa, fitur forum chat untuk memudahkan proses diskusi dalam pengerjaan tugas, fitur participation untuk absensi siswa, penilaian kuis langsung tampil di LMS siswa, pembelajaran menjadi lebih menarik dan hemat biaya dan waktu. Sedangkan kekurangannya adalah guru tidak dapat menggunggah file dengan resolusi yang besar baik berupa video, audio, atau dokumen membutuhkan koneksi internet yang stabil, kurangnya interaksi secara real time antara guru dan siswa, membutuhkan perangkat seperti komputer, laptop, atau handphone.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...