JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Proses Penguatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Siswa Melalui Penegakan Peraturan

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Istikomah, Yusi (Unknown)
Hutagalung, Mutiara Exa Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penguatan pembentukan karakter di zaman sekarang menjadi hal yang penting mengingat zaman sekarang menunjukkan munculnya krisis moral di kalangan anak-anak, remaja dan orangtua. Oleh karena itu, penguatan pendidikan karakter yang perlu di kembangkan adalah disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penguatan karakter disiplin dalam pembelajaran dan tanggung jawab pada siswa sekolah dasar melalui penegakan peraturan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini memusatkan perhatiannya pada penguatan karakter peserta didik yang dikaji dengan observasi dan wawancara di SDN Malaka Sari 02, Jakarta, serta menggunakan beberapa sumber kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan bagaimana proses implementasi penguatan karakter disiplin dan tanggungjawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran dan memiliki kesadaran yang utuh terhadap tanggung jawabnya menjadi pelajar. Sekolah berhasil menanamkan nilai kedisiplinan dan memperkuat rasa tanggung jawab peserta didik melalui penegakan peraturan, meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi guru dan yang lainnya memahami dan menghargai proses yang berjalan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...