Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi model PAIKEM pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang dan mengetahui problematika yang dihadapi guru ketika menerapkan model PAIKEM pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi, pedomaan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam serta beberapa peserta didik kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan Implemetasi model PAIKEM pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 53 Kampung Jambak dilaksanakan dengan berbagai metode yaitu Drill, Demonstrasi, Diskusi, Active Knowledge Sharing (saling bertukar pikiran) Read Alloud (membaca keras), Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu). serta Group Resume. Model PAIKEM diterapkan dengan tiga langkah yaitu, Perencanaan (menyusun silabus, RPP, merencanakan media pembelajaran), Pelaksanaan (penataan bangku, menggunakan alat bantu), dan Evaluasi (tes tulis, tes lisan, penilaian harian, penilaian proses, penilaian praktek). Problematika yang dihadapi ketika menerapkan model PAIKEM di SN 53 adalah keterbatasan waktu dalam pembelajaran, media yang tersedia belum mencukupi, kreativitas guru yang kurang maksimal, kurangnya motivasi siswa, serta kondisi siswa di kelas yang beragam.
Copyrights © 2021