JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Proses Pembelajaran Daring Guru MI di Era Covid-19 (Studi Kasus Guru MIS Ujung Batu-Sosa, Kabupaten Padang Lawas)

Elvira, Elvira (Unknown)
Amaliya, Nashiroh Dini (Unknown)
Dalimunthe, Nur Atikah (Unknown)
Putri, Nurul Aisyah (Unknown)
Akmalia, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran daring yang dilakukan guru di MIS Ujung Batu Sosa di era Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian ini ialah 5 (Lima) orang guru MIS Ujung Batu Sosa. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah melalui interview/wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi pembelajaran daring guru MIS Ujung Batu Sosa pada masa pandemi Covid-19 ialah melaksanakan pembelajaran dengan cara mendatangi rumah-rumah murid dan mengajarkan murid tersebut dengan alokasi waktu tidak lebih dari 60 menit. Disamping itu, guru/ wali murid menggunakan internet serta media pembelajaran seperti video digital dan buku bacaan selama proses pembelajaran daring. Jadi guru dan murid tetap melaksanakan proses belajar mengajar, meskipun tidak seperti pola yang ada didalam kelas. Perbedaan yang mendasar pada masa pandemi Covid-19 ini, di mana guru menggunakan model pembelajaran berbasis digital yaitu menggunakan media sosial WhatsApp dan YouTube serta Google Classroom.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...