JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Analisis Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Luar Biasa

Melakarniati, Melakarniati (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada perubahan sistem pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang semula menggunakan sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring dan luring, perubahan ini mengharuskan anak berkebutuhan khusus untuk menyesuaikan diri dengan sistem tersebut. Penyesuaian diri tersebut memerlukan bantuan dari orang-orang terdekat seperti guru, dan keluarga terutama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan yang diberikan orang tua kepada anak berkebutuhan khusus selama pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Peranan yang akan di analisa yaitu terkait peran orang tua sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, motivator serta sebagai direktor. Subjek pada penelitian ini yaitu 30 orang tua (ibu) dari anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLBN 1 Painan dan SLB Yppc Painan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya serta data dianalisis secara deskriptif. Hasil dari analisis data didapatkan bahwa sebagian kecil orang tua menunjukkan kelima peran yang diteliti tentang peran orang tua dalam membantu proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus, didapatkan hasil secara keseluruhan dari responden sebesar 28,63% dengan artian bahwa sebagian kecil orang tua menjalankan perannya dalam membantu proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus selama masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...