Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX

Naomi Angelita Sutopo (Universitas Kristen Satya Wacana)
Novisita Ratu (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GeoGebra Classroom sebagai penguatkan pemahaman konsep siswa pada materi translasi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media GeoGebra Classroom. Subjek pada penelitian ini adalah 15 siswa SMP kelas IX. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan angket pendapat siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil yang validasi media dengan nilai validitas rata-rata 4,35 serta memiliki nilai rata-rata hasil kepraktisan media sebesar 4,35 yang termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes siswa setelah menggunakan media GeoGebra Classroom sebagai media pembelajaran pada materi translasi, berdasarkan uji t-test dari pretest dan posttest menunjukkan nilai p=0,000 (p< 0,05) atau rata-rata pretest dan posttest adalah berbeda. Nilai p< 0,05 dengan hasil belajar pada posttest (95,93) lebih baik dari pretest (63,33), sehingga media ini temasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan analisis data kepraktisan diperoleh rerata skor 43,5 dengan rerata skor semua aspek 4,4 dan termasuk dalam kategori praktis. Dari hasil analisis angket pendapat siswa mendapatkan skor 3,3 yang menyatakan siswa setuju bahwa media pembelajaran GeoGebra Classroom mendukung dan mempermudah proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini efektif dan praktis jika digunakan untuk menjadi media pembelajaran materi translasi untuk siswa tingkat SMP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...