Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint-Geogebra Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs

Dewi Muliyana (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Armis Armis (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint-geogebra materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Validitas produk dinilai berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media. Praktikalitas produk dinilai berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil pada 6 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Reteh Pulau Kijang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis lembar validasi oleh ahli dan audience (peserta didik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan oleh ahli materi dan ahli media dalam kategori sangat valid yaitu . Hasil uji kepraktisan dalam kategori sangat praktis dengan presentase total setiap aspek .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...