Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Validitas Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android dengan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika

Syelfia Dewimarni (UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG)
Rizalina Rizalina (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Zefriyenni Zefriyenni (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android Dengan Teknik Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development, R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Pada penelitian ini dilakukan tahapan pengembangan yaitu pembuatan prototype (protoype phase) validasi produk Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android Dengan Teknik Peta Konsep. Produk divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli Bahasa, ahli matematika dan ahli teknologi Pendidikan. Adapun aspek yang dilihat adalah Penyajian/ Didaktik, Kelayakan Isi, Bahasa dan Kegrafikan/Tampilan. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket dengan menggunakan skala likert. Diperoleh hasil validasi untuk produk Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android Dengan Teknik Peta Konsep untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa program studi sistem informasi universitas putra Indonesia YPTK Padang adalah sebesar 3,75 dengan kategori sangat valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...