Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis

Nurmala Setianing Putri (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Al Jupri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang perlu dikembangkan oleh siswa adalah kemampuan komunikasi matematis. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write. Melalui Google Scholar, Portal Garuda, ERIC, SAGE Publishing dan Springer Publishing, penulis memperoleh 114 artikel jurnal maupun prosiding yang membahas pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap kumpulan studi tersebut untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan desain penelitian meta-analisis. Dari keseluruhan artikel yang penulis peroleh, terdapat 19 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis menggunakan aplikasi Comprehensive Meta-Analysis sehingga diperoleh besar ukuran efek gabungan. Berdasarkan interpretasi dari ukuran efek gabungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write memberikan pengaruh yang kuat terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapula karakteristik studi yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi tahun penelitian, jenjang pendidikan dan ukuran sampel. Secara statistik, diperoleh bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa hanya dipengaruhi oleh tahun penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...