Pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan, maupun secara tertulis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problem Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 3 Batujai Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan problem belajar bahasa Indonesia yang dialami siswa pada keterampilan membaca yaitu, siswa mampu memahami makna bacaan yang berjumlah 6 siswa dengan persentase 50%. Dan problem pada keterampilan menulis yaitu siswa mampu memahami makna yang ditulis yang berjumlah 8 siswa dengan persentase 68%. Adapun faktor yang mempengaruhi problem belajar bahasa indonesia yaitu faktor internal yang paling menonjol yaitu, faktor intelegensi dengan persentase 75%. Sedangkan pada faktor ekternal yang paling menonjol pada faktor lingkungan kelurga dengan persentase 58,33%. Dari permasalah tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat problem belajar bahasa Indonesia pada aspek keterampilan membaca dan menulis yang problem nya bervariasi. Sedangkan factor-faktor problem belajar bahasa Indonesia, pada faktor internal yang paling menonjol yaitu faktor intelegensi . Kemudian pada faktor ekternal yang paling menonjol adalah faktor lingkungan keluarga sebagai penyebab terjadinya problem belajar bahasa Indonesia.
Copyrights © 2021