Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities
Vol 1, No 2 (2021): Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities

Pemanfaatan Situs Sejarah Buddhisme di Palembang sebagai Suplemen Materi Pembelajaran Sejarah

Suswandari Suswandari (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Nur Fajar Absor (Universitas Indraprasta PGRI)
Desyanti Aprilia (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Lutfi Nurahman (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Andre Noviansyah (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Wilayah Palembang dikenal kental dengan nuansa agama Buddha, karena di wilayah tersebut pernah berkuasa Kerajaan Sriwijaya. Oleh karena itu, menarik untuk dikaji lebih lanjut terkait dengan situs-situs Buddhisme yang ada di Palembang, terutama pada masa Kerajaan Sriwijaya yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen pembelajaran sejarah. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan situs-situs sejarah Buddhisme yang ada di Palembang sebagai suplemen pembelajaran sejarah di kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan empat langkahnya ialah heuristis, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 12 peninggalan situs Buddhisme yang ada di Palembang, yang terdiri dari masa sebelum Kerajaan Sriwijaya dengan adanya peninggalan-peninggalan di kawasan Bukit Siguntang pada abad ke 6 dan masa Kerajaan Sriwijaya berkuasa mulai abad ke 7. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai suplemen materi pembelajaran sejarah di kelas X SMA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

estoria

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Publishes articles in provides space for academic debate and critical thinking to explore: 1. History Education ; from all areas such as formal and informal education systems, comparative education, and policy in a range of settings. 2. History ; from all areas and periods and has played an ...