Penelitian ini termasuk jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / RD) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yakni analysis, design (perancangan), development, implementation , danĀ evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Madapangga. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan produk, angket respon peserta didik untuk mendapatkan data kepraktisan produk, dan soal tes serta angket respon peserta didik untuk mendapatkan data keefektifan produk. Data yang diperoleh dengan instrumen yang telah divalidasi kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian validator, media yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 3,8. Kemudian, hasil respon peserta didik terkait kepraktisan media berada pada kategori tinggi dengan nilairata-rata respon peserta didik sebesar 4,17. Selanjutnya, berdasarkan hasil tes dan angket respon peserta didik, tingkat keefektifan media pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 85,6, dan 90% peserta didik mencapai nilai tuntas Sedangkan hasil respon peserta didik sebesar 4,57 berada pada kategori tinggi.
Copyrights © 2021