Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya
Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya

Pengujian Isolasi Trafo Daya 30 MVA pada GI Sungai Juaro Palembang dengan Indeks Polaritas dan Tangen Delta

Wiwin A Oktaviani (Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang Palembang, Indonesia)
Taufik Barlian (Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang Palembang, Indonesia)
Marami Ahmad Gazani (Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Tahanan isolasi pada trafo dapat mengalami pemburukan yang dapat mengakibatkan kegagalan operasi transformator seiring bertambahnya usianya trafo. Karenanya diperlukan pengujian untuk mengetahui keadaan isolasi trafo. Selain usia, besarnya pembebanan juga mempengaruhi kondisi tahanan isolasi. Berdasarkan data, pembebanan di Gardu Induk Sungai Juaro telah mencapai lebih dari 90%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas tahanan isolasi transformator daya di GI Sungai Juaro dengan melakukan pengujian Indeks Polariasi dan Tangen Delta dengan menggunakan data tahun 2019 dan 2021. Hasil uji kemudian diolah menggunakan Sofware Matlab. Nilai indeks polarisasi di sisi primer dan tersier trafo mengalami penurunan sebesar 0,09 dan 0,29 untuk pemakaian selama dua tahun. Sedangkan hasil pengujian tangen delta dibawah 0,5% Rate Power Faktor. Secara umum, hasil-hasil yang didapat masih berada dalam range IEE Std 62-1995 yang menunjukkan kondisi tahanan isolasi masih dalam kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya adalah peer-reviewed jurnal yang dipublikasikan oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Sriwijaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Ruang lingkup jurnal berfokus pada bidang teknik elektro, namun tidak hanya terbatas ...