Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
Vol 4, No 2 (2021): Desember 2021

Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Ujung Tombak dalam Menekan Terjadinya Intolerasi di Antara Siswa di Sekolah

Sukardin Zebua (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam)
Talizaro Tafonao (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam)
Dewi - Lidya S (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam)
Ellyzabeth Sinaga (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam)
Ardianto Lahagu (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Sikap intoleransi yang ada di Indonesia saat ini telah menciptakan suatu perbedaan didalam masyarakat khususnya di antara siswa di sekolah. Dengan melihat problem tersebut maka diharapkan para guru agama Kristen mampu memberi membimbing kepada setiap siswa. Tujuan penulisan artikel ini adalah melihat sejauhmana keterlibatan para guru pendidikan agama Kristen dalam mendeteksi intoleransi diantara siswa. Metode yang digunakan penelitian adalah kulitatif deskriptif dengan kajian adalah guru Pendidikan Agama Kristen sebagai ujung tombak dalam menekan terjadinya intoleransi di antara siswa di sekolah. Hasil kajian ini adalah guru sebagai pelopor utama dalam mencintai keberagaman, mengajarkan perbedaan sebagai anugerah Tuhan, mengajarkan toleransi sebagai ajaran Tuhan Yesus. Dengan demikian salah satu cara dalam menekan terjadinya intoleransi adalah lewat pengajaran, pendampingan dan pembimbingan oleh guru-guru agama Kristen di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fidei

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika focusing on submission of field research results, systematic Theology, and practical theology, the study of Evangelical Theology and Community Development is not only internal of STT Tawangmangu but also external intitution with ratio 40:60. Fidei: ...