JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 3 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn SMK Via Medika Ciputat

Budiyanto, Arief (Unknown)
Imbron, Imbron (Unknown)
Zaman, M. Badru (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui mengenai pengaruh dari pengaruh media pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survey sebagai instrument penelitian. Data dikumpulkan dari 62 responden yang dijadikan sebagai sample jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa hal tersebut dibuktikan dengan nilai Thitung yang lebih kecil dari Ttabel (-0,350<1,667). Sedangkan kemandirian siswa dalam penelitian ini, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Thitung yang lebih besar dari Ttabel (4,189>1,667) dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) yang berarti sangat signifikan. Dan untuk hasil uji simultan pengaruh media pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa terbukti berpengaruh, hal tersebut dibuktikan melalui nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (13,497>3,15) dengan tingkat signifikan (0,00<0,05) yang berarti sangat signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...