JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 8 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Teori Humanistik Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Analisis Artikel Jurnal Sinta 2-6)

Fajriyah, Rania Zulfi (Unknown)
Maemonah, Maemonah (Unknown)
Maryamah, Maryamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Teori belajar humanistik yakni jenis teori pembelajaran yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yang memberi penekanan siswa agar menyukai tahapan pengajaran terhadap objek tertentu ataupun materi yang berkaitan dengan komponen kemaunisaannya. Penelitiannya berikut mempunyai tujuan dalam memberi pendeskripsian atas pendektatan humanistik di pengajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Penggunaan metode dalam kegiatan meneliti ini yakni bermetodekan library research. Mengacu terhadap hasil penelitiannya yang sudah diteliti, memberi gambaran pendekatan humanistik sebagai suatu pendekatan yang memberikan bantuan siswa agar menyukai pembelajaran atas materi pelajarannya guna pengembangan minat belajar dari siswa menuju yang lebih bagus lagi. Sehingga, pendekatannya yang humanistik mampu diimplikasikan di pengajaran PAI dalam SD. Humanistik ini sangat mengarahkan ke pendidikan membimbing, mengambangkan dan mengarahkan pada minat dasar dimiliki oleh peserta didik berdasarkan dari ketiga komponen, yakni psikomotorik, afektif, serta kognitif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...