JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 8 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Konsep Ilmu menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Urgensinya pada Pendidikan

Irawati, Dini (Unknown)
Musthafa, Izzuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang konsep ilmu menurut Az-Zarnuji dalam kitab ta’lim al-muta’allim dan urgensinya dalam pendidikan. Az-Zarnuji adalah seorang ulama Islam yang hidup abad 6 dan 7 Hijriah. Beliau merupakan ulama yang konsentrasi dalam masalah pendidikan. Untuk memperbaiki proses belajar dan mengajar Zarnuji membuat panduan khusus bagi para murid (siswa atau santri) selama ber mulazamah (belajar) dengan guru. Panduan ini berupa buku kecil atau kutaib yang berjudul Ta’lim al-Muta’allim. Keberkahan buku initerlihat dari banyaknya pesantren yang menjadikan kitab ini sebagai rujukan dalam menerapkan etika belajar agar para murid membangun karakternya dengan konsep yang ditawarkan oleh Zarnuji dalam kitabnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode library research. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bagian awal dari kitab ini tentang pentingnya ilmu, fiqih dan keutamaannya. Kemudian buku ini membahas terkait definisi ilmu menurut bahasa dan istilah, pandangan al-Quran dan Hadits tentang ilmu, biografi Az-Zarnuji, konsep ilmu menurut Az-Zarnuji, serta urgensi konsep ilmu Az-Zarnuji dalam pendidikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...