JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Implementasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Proses dan Lulusan

Damayanti, Wika Karina (Unknown)
Sujana, Enjang (Unknown)
Ahmad, Ahmad (Unknown)
Tanjung, Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kajian terhadap implementasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu proses dan lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran yang mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Sekolah untuk meningkatkan mutu proses dan lulusan, yaitu kebijakan dan program yang dibuat adalah untuk peningkatan terkait dengan sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya pendukung penyelenggaraan proses pendidikan, implementasi yang dilakukan terkait pengembangan proses belajar mengajar dan semua kegiatan pendidikan mengacu pada standar nasional pendidikan, masalah yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu proses dan lulusan adalah kemampuan guru yang belum semuanya memiliki kompetensi yang dipersyaratkan guru profesional dalam menjalankan proses pendidikan bermutu, serta upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu proses dan lulusan adalah dengan meningkatan kemampuan guru melalui berbagai kegiatan yang dapat menunjang profesi dan tanggung jawabnya sebagai pelaksana proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan mutu proses yang baik kemudian sebagai dampaknya menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...