Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Thiagarajan, yaitu model 4D dengan dimodifikasi. Sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu kelas IX-B tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika siswa diperoleh dari peningkatan rata-rata indikator kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika, hasil pencapaian peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika siswa pada Pre Test uji coba 1 adalah sebanyak 21 siswa atau 65,62% dan pada Post Test sebanyak 24 siswa atau 75%. Dari hasil ini dapat disimpulkan terjadi peningkatan jumlah siswa yaitu sebanyak 3 siswa atau sebesar 9,37%. Sementara untuk uji coba 2 hasil pencapaian peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika sisiwa pada Pre Test siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 81,25% dan pada Post Test siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa atau 90,62%. Oleh karena itu dapat disimpulkan terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau 9,37%. Kata-kata kunci: Pendekatan Saintifik, Media Autograph, Higher Order Thinking Skill (HOTS)Â
Copyrights © 2021