Selama ini berbagai pihak mulai mempertanyakan dan meragukan konsep Intelligence quotient (IQ), terutama hubungannya dengan prestasi di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kecerdasan jamak dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa yang berasal dari kelas VII sampai kelas IX. Sampel diambil dengan teknik acak (random sampling). Data multiple intelligence siswa diperoleh melalui instrumen yang diadaptasi dari Ivanco (2000), sedangkan data prestasi belajar siswa merupakan hasil dokumentasi nilai rapor siswa pada semester genap 2012/2013. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan jamak siswa dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Dewantara. Kata kunci: Kecerdasan jamak, Prestasi belajar siswa
Copyrights © 2016