Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SD Negeri 3 Gandapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Gandapura yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, hasil observasi terhadap aktivitas peneliti mencapai 79,22% dan aktivitas siswa mencapai 79,23%. Untuk hasil tes akhir mencapai 76,19%. Sedangkan hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, hasil observasi terhadap aktivitas peneliti mencapai 89,99% dan aktivitas siswa mencapai 89,22%. Sedangkan untuk hasil tes akhir mencapai 90,47%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SD Negeri 3 Gandapura, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model TAI sudah termasuk dalam kategori baik, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model TAI pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dikelas V SD Negeri 3 Gandapura sudah sangat baik.  Kata kunci :     Hasil belajar, Team Assisted Individualization, Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Copyrights © 2018