YUME : Journal of Management
Vol 4, No 3 (2021)

Analisis Perbedaan Financial Literacy berdasarkan Perspektif Gender (Studi Kasus pada Nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk. Cabang Parepare)

Muhammad Nurhadi N. (STIE Amkop Makassar)
Andi Hidayat (STIE Amkop Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Potensi pengeluaran keuangan menjadi tinggi dan tidak bermanfaat untuk masa depan jika tidak diiringi dengan pemahaman dan keterampilan yang baik terhadap pengelolaan keuangan. Seseorang wajib memiliki pengetahuan dalam mengatur dan mengelola keuangan untuk mencapai kesejahteraan (Lusardi & Mitchell, 2007). Nasabah pada lembaga keuangan berdasarkan jenis kelamin, belum tentu memiliki tingkat financial literacy yang sama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan financial literacy nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk., Cabang Parepare berdasarkan gender. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan membandingkan ada atau tidak adanya perbedaan financial literacy yang ditinjau dari sudut pandang gender pada nasabah lembaga keuangan perbankan. Penelitian ini menggunakan sampel minimal sebanyak 96 responden yang merupakan nasabah perbankan.Untuk menjawab permasalah pada penelitian ini maka dilakukan uji hipotesis dengan analisis komparatif yang dapat diselesaikan melalui uji beda rata-rata. Uji beda rata-rata dilakukan untuk membandingkan financial literacy dalam sudut pandang gender (laki-laki dan perempuan). Uji beda rata-rata dapat dilakukan dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan financial literacy berdasarkan perspektif gender pada nasabah PT. Bank BNI Persero Tbk. Cabang Parepare.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...