Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5, No 1 (2022): Januari 2022

Internet Marketing dan Sosial Networking Untuk Media Promosi Produk Kuliner UMKM “DJOKOWI”

Wellia Shinta Sari (Universitas Dian Nuswantoro)
Christy Atika Sari (Universitas Dian Nuswantoro)
D.R.I.M. Setiadi (Universitas Dian Nuswantoro)
Ajib Susanto (Universitas Dian Nuswantoro)
Eko Hari Rachmawanto (Universitas Dian Nuswantoro)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Dalam rangka peningkatan peluang dan pengembangan potensi usaha pada UMKM yang selalu bertambah setiap tahun, perlu adanya aksi baik support berupa pembinaan maupun pelatihan dari tenaga lain di luar UMKM. Hal semacam ini juga terjadi di Desa Selojari Kecamatan Grobogan Kabupaten Purwodadi Provinsi Jawa Tengah. Kendala dalam pengembangan usaha kian meningkat seiring munculnya pesaing bisnis dengan bidang usaha yang sama. Usaha kuliner di Desa Selojari saat ini telah menelurkan beberapa macam produk antara lain berbagai kue kering, keripik, dan minuman. Permasalahan yang sering di temui oleh pelaku usaha UMKM umumnya antara lain: minimnya modal, kurangnya inovasi produk, minimnya cara untuk mendistribusikan produk, pemasaran online belum maksimal, belum adanya branding, tidak ada izin usaha resmi disertai label BPOM atau PIRT pada kemasan produk. Untuk memaksimalkan pemasaran online, hal utama yang harus dilakukan pengusaha UMKM adalah memilih saluran pemasaran online yang tepat, lalu fokus memasarkan di saluran tersebut, dan terus mengoptimasinya melalui website yang dapat di update sesuai kebutuhan pemasaran dan dapat dikontrol oleh pemilik usaha “DJOKOWI” di Desa Selojari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalabdimasku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal ABDIMASKU adalah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh LPPM, Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berfokus pada hasil-hasil karya pengabdian masyarakat. Pengiriman artikel tidak dipungut biaya, kemudian artikel yang diterima akan diterbitkan secara online dan dapat diakses secara ...