JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat
Vol 2, No 1: April 2021

Status Kesehatan Korban Banjir Rob di Desa Jeruksari Kabupaten Pekalongan

Sugiharto Sh (Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan)
Masdiana Safitri (Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Status kesehatan adalah suatu keadaan dimana orang dalam tingkatan sehat atau sakit. Faktor lingkungan dan perilaku merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap status kesehatan masyarakat. Lingkungan pada daerah yang tergenang rob dapat menimbulkan kerusakan sistem sanitasi dan air bersih karena adanya banjir rob yang menjadikan potensi kejadian luar biasa (KLB) penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran status kesehatan dan penyakit yang paling banyak diderita oleh warga Desa Jeruksari di Wilayah kerja Puskesmas tirto II Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian menggunakan survei dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah warga Desa Jeruksari sebanyak 91 Kepala Keluarga dengan jumlah responden sebanyak 292 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan multi stage dengan dua teknik yaitu cluster dan rule of thumbs. Alat pengumpulan data berupa kuasioner Riskesda 2013. Hasil penelitian menunjukan 127 responden (43,5%) termasuk dalam katagori sakit. Berdasarkan laporan dari responden, terdapat tujuh (7) jenis penyakit yang ada di desa Jeruksari. Tiga (3) jenis penyakit yang paling sering dialami warga yang mengalami rob yaitu ISPA 52 responden (17,8%), dermatitis 52 reponden (17,8%) dan diare 26 responden (8,9%). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan dan pemberian penyuluhan kesehatan khususnya terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat serta upaya pencegahan penyakit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat publishes articles on: - Promkes - K3 - Epidemiologi - Kesehatan Reproduksi - Biostatistik & Kependudukan - Gizi Masyarakat - AKK - ...