Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sobo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sobo. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis data pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar 56,12 %, ketuntasan klasikal sebesar 25 %, dan kriteria penggolongan berada pada kategori kurang ( belum tuntas ). Sedangkan hasil analisis data pada siklus II menunujukkan rata-rata hasil belajar 79,75%, dan ketuntasan klasikal sebesar 100 %, dan kriteria penggolongan berada pada kategori baik (tuntas). Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 23,62%, sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 75 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Bassed Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa kelas IV SDN Sobo Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada Tahun Ajaran 2019/2020.
Copyrights © 2021