Haumeni Journal of Education
Vol 1 No 2 (2021): Edisi Desember 2021

Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Predict Observe Explain dalam Menanamkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa

I Wayan Sukarjita (Universitas Nusa Cendana)
Fakhruddin Fakhruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Predict Observe Explain (POE) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika bagi siswa SMP. Penelitian dilaksanakan dengan sampel siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kupang dengan desain penelitian “Pre test Post Test Group Design” dengan memilih model pembelajaran Discovery Learning sebagai model kontrolnya. Kedua variable yakni pemahaman konsep diukur menggunakan instrument berupa test sedangkan sikap ilmiah siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi. Sikap ilmiah siswa yang diukur meliputi 7 aspek sikap ilmiah yakni: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Teliti, Tanggung jawab, Kritis dan Kerja sama. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif melalui uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t dengan memanfaatkan aplikasi SPSS Ver 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) model POE dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika lebih baik daripada model Discovery Learning, (2) Model POE dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa lebih baik daripada model Discovery Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model POE efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...