KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika

GAME EDUKASI PETUALANGAN BUDI DAN AYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA BARAT

Muhammad Tabah Permana K (Unknown)
Riani Lubis (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Budaya Jawa Barat merupakan warisan leluhur yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi dengan berbagai cara. Salah satu cara mengenalkan budaya Jawa Barat adalah melalui pengajaran di jenjang pendidikan dasar. Hal ini dilakukan karena dirasa penting untuk mengenalkan budaya Jawa Barat sejak dini pada generasi muda. Pengaruh budaya asing yang semakin gencar dan belum adanya media belajar budaya yang menarik mengakibatkan perhatian terhadap budaya terutama di Jawa Barat makin berkurang dan dikhawatirkan generasi muda tidak mengenal sama sekali kebudayaan yang berasal dari daerahnya sendiri. Game edukasi Petualangan Budi dan Aya memberikan alternatif untuk mempelajari permainan tradisional Jawa Barat untuk menambah pengetahuan generasi muda terhadap permainan tradisional. Metode yang digunakan untuk membangun game edukasi ini adalah GDLC versi Blitz Game Studio. Hasil dari penelitian yaitu disebarkan kuesioner kepada 30 orang didapatkan hasil bahwa game edukasi Petualangan Budi dan Aya berhasil meningkatkan pengetahuan generasi muda terhadap permainan tradisional Jawa Barat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komputa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah KOMPUTA (Komputer dan Informatika), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan Komputer dan Informatika. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan ...