cover
Contact Name
Galih Hermawan
Contact Email
galih.hermawan@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
komputa@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
ISSN : 20899033     EISSN : 27157849     DOI : 10.34010
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah KOMPUTA (Komputer dan Informatika), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan Komputer dan Informatika. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 164 Documents
SMS GATEWAY KANNEL SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI AKADEMIK taryana a author Suryana
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2012): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.228 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v1i2.57

Abstract

SMS Gateway merupakan pintu gerbang bagi penyebaran Informasi dengan menggunakan SMS. Anda dapat menyebarkan informasi atau meminta informasi melalui server SMS tersebut. Selain itu dengan adanya SMS Gateway anda dapat mengcustomisasi keyword dan informasi apa saja yang ingin dikirimkan. Ada beberapa metode pengiriman dan penerimaan SMS (protocol) yang didukung oleh Kannel SMS gateway yaitu protocol CIMD 1.3, CIMD 2.0, SMPP 3.4, UCP/EMI 4.0. juga SEMA SMS2000 OIS protocol for SMS centers over Radiopad dan X.25
PEMBANGUNAN GAME FIRST PERSON SHOOTER 3D ALIEN HUNTER Nelly Indriani Widiastuti; Refi Meisadri
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 1 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.095 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v2i1.73

Abstract

Game First Person Shooter (FPS) adalah game perang dengan senjata api yang menggunakan sudut pandang orang pertama dengan tampilan layar yang mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Z-Virus merupakan game FPS yang dibuat menggunakan Blender Game Engine (BEG). Game Z-Virus memiliki kelemahan berupa Non-Player Character (NPC) musuh yang hanya bisa tidak memiliki kemampuan untuk memilih tindakan yang akan dilakukan sesuai dengan kondisi NPC saat itu.Penelitian ini bertujuan untuk membangun game FPS yang menarik dengan memberikan kecerdasan kepada NPC musuh untuk memutuskan opsi menyerang, bertahan ataupun melarikan diri. Aplikasi game ini menggunakan pemodelan berorientasi objekdan dibangun menggunakan unity 3d game engine serta menggunakan AlgoritmaA* (A Star) untuk pencarian jalan pada NPC dan Logika Fuzy (Fuzzy Logic) untuk pemilihan keputusan pergerakan NPC. Game ini berbasis desktop dan hanya dapat digunakan dengan sistem operasi windows xp keatas.Tahap pengujian yang dilakukan terdiri dari pengujian alpha berupa pengujian blackbox dan pengujian white box kemudian dilanjutkan dengan pengujian beta menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan algoritma A Star dan Fuzzy Logic pada NPC musuh dapat membuat NPC musuh lebih sulit dikalahkan dan membuat game lebih menarik dan menantang untuk dimainkan.
SISTEM EVALUASI PENYELENGGARAAN PELATIHAN MENGGUNAKAN SERVQUAL Ratih Larasati; Tati Harihayati
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 2 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.591 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v2i2.90

Abstract

Suatu perusahaan biasanya mengadakan pelatihanuntuk meningkatkan kemampuan dan kompetensipara pegawainya. Setiap Pelatihan yang telahdiselenggarakan menghasilkan penilaian yang padaakhirnya akan dievaluasi untuk memutuskan apakahkegiatan pelatihan akan dilanjutkan atau tidak, ataubagaimana mengembangkan kegiatan pelatihan dimasa yang akan datang.Sistem evaluasi penyelenggaraan pelatihan memilikibanyak model dan metode yang digunakan, salahsatunya penilaian kualitas pelatihan berdasarkanmetode Service Quality (ServQual). MetodeServQual merupakan suatu metode yangmenganalisis kualitas suatu pelayanan berdasarkanlima dimensi yaitu bukti langsung, keandalan, dayatanggap, jaminan dan empati.Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat diperolehkesimpulan sistem yang dibangun dapat membantupihak penyelenggara pelatihan dalam membuatlangkah-langkah perbaikan dan penentuan keputusankegiatan pelatihan yang diperlukan, dan membantumerencanakan kegiatan pelatihan selanjutnya.Kata kunci : Sistem, Evaluasi, Penilaian, Pelatihan,ServQual.
PEMBANGUNAN SISTEM PENDETEKSI PENYALAHGUNAAN NARKOBA MENGGUNAKAN ALGORITMA JARINGAN SYARAF TIRUAN METODE BACKPROPAGATION Nelly Indriani Widiastuti; Dwi Putri Pangrestu
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 3 No 1 (2014): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.182 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v3i1.68

Abstract

Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat hingga tahun 2013 jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia mencapai empat juta jiwa. Penyalahgunaan narkoba memberikan banyak dampak negatif baik dari segi psikis, fisik maupun sosial. Salah satu cara menanggulangi masalah tersebut adalah memberikan rehabilitasi bagi para pecandu narkoba. Sebelum rehabilitasi, mereka akan menghadapi serangkaian tes untuk mengetahui jenis narkoba yang disalahgunakan. Tes yang sering digunakan adalah tes urin, darah, dan lain-lain. Namun kendala waktu, biaya serta fasilitas yang minim di beberapa daerah membuat pendeteksian seseorang menderita narkoba menjadi terhambat.Berdasarkan hal di atas, dibangunlah suatu sistem pendeteksi penyalahgunaan narkoba menggunakan algoritma jaringan syaraf tiruan (JST) metode backpropagation. Jaringan syaraf tiruan yang dibentuk terdiri atas lapisan masukan yang merupakan representasi dari gejala efek samping penyalahgunaan narkoba, lapisan tersembunyi adalah hasil proses konvergensi dengan epoch terkecil dan lapisan keluaran merupakan representasi dari output yang diharapkan yaitu Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lain.
PENGEMBANGAN MODEL ADOPSI TEKNOLOGI E-VOTING Rahmad Abdilah; budi rahardjo; Rajesri Govindaraju
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 2 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.023 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v2i2.85

Abstract

Electronic voting atau e-voting adalah suatumetode pengalihan pemilihan dari manual menjadilebih terkoordinir. Hal ini dilakukan dengankombinasi dari hardware dan software. Pemilih akanberpartisipasi di dalam e-voting dengan syaratmereka tidak akan ditipu. Pemilih ingin mengetahuidan percaya bahwa proses tersebut dapat di pantauoleh masyarakat yang memiliki kemampuan untukmemahami bagaimana sistem dapat bekerja.Model penelitian yang digunakan dalampenelitian ini dikembangkan berdasarkanpenelitian Tsuma dan analisis structural equationmodeling untuk menentukan bentuk model. Bentukmodel diuji dengan 19 pengujian yaitu Chi-squareatau p-value, GFI (Goodness of Fit Index), RMR(Root Mean Square Residual), RMSEA (Root MeanSquare Error of Approximation) ECVI (ExpectedCross-Validation Index), TLI/NNFI (Non-NormedFit Index), NFI (Normed Fit Index), PNFI(Parsimony Normed Fit Index), AGFI (AdjustedGoodness of Fit Index), RFI (Relative Fit Index),CFI (Comparative Fit Index), AIC, CAIC, CN(Critical N), IFI(Incremental Fit Index),PGFI(Parsimony Goodness of Fit Index), NCP(Non-centrality Parameter), CMIN/Df dan SRMR(Standardized RMR).Kata kunci : e-voting, model dan structuralequation modeling.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN FASILITAS UMUM DI KABUPATEN SUMEDANG BERBASIS WEB Adam Mukharil Bachtiar
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2012): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.385 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v1i2.63

Abstract

Bappeda adalah badan atau lembaga teknis yang mempunyai tugas pokok membantu bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah termasuk di dalamnya pemetaan fasilitas umum. Pengelolaan data fasilitas umum di sana belum berbasis database sehingga pengelolaan data bersifat statis, kurang terpusat, dan data tersebar dalam dokumen-dokumen terpisah. Data fasilitas umum juga belum memiliki koordinat geografi sehingga lokasi-lokasinya tidak bisa diketahui dengan pasti. Akibatnya pemantauan dan perencanaan pembangunan tidak bisa dilakukan secara maksimal. Sistem informasi geografis menjadi solusi dalam permasalahan ini, karena sistem informasi geografis merupakan suatu sistem yang mengandung data atribut dan data spasial dalam basis datanya. Metode yang digunakan dalam proses pembangunan sistem informasi geografis pemetaan fasilitas umum di Kabupaten Sumedang ini mengadopsi model waterfall. Pendekatan analisis menggunakan metode analisis terstruktur. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam penelitian ini adalah PHP dengan database MySQL. Sedangkan untuk pemetaan fasilitas umum diimplementasikan dengan Google Maps. Berdasarkan hasil pengujian, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem ini dapat membantu pengelolaan data fasilitas umum dengan pengelolaan data berbasis database, mempermudah pemantauan fasilitas umum sehingga perawatannya bisa maksimal serta bisa menampilkan status dan memberikan rekomendasi pembangunan yang tepat.
MODEL INTERFACE UNTUK SITUS PEMERINTAHAN (E-GOVERNMENT istiqomah istiqomah
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 1 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.964 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v2i1.79

Abstract

E-government atau yang lebih dikenal dengan e-gov adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. Berdasarkan hasil penelitian, saat ini e-gov masih belum berjalan secara maksimal karena masih terdapat beberapa kekurangan, diantaranya yaitu e-gov yang ada saat ini kurang memenuhi fungsionalitas-fungsionalitas yang dibutuhkan oleh penggunanya.Oleh karena itu, dibuatlah penelitian ini untuk membantu lembaga pemerintahan dalam menyediakan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh situs pemerintahan (e-gov). Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada beberapa responden. Lalu, dari hasil kuesioner tersebut dihitung dengan menggunakan metode kano. Metode kano adalah metode yang digunakan untuk menentukan fungsionalitas terhadap setiap daftar kebutuhan yang dibuat sedetail mungkin untuk lebih memahami persyaratan apa yang benar-benar perlu ada dalam produk atau layanan akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis terstuktur.
SIMULASI PERANCANGAN BEJANA TEKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BEDA HINGGA Ednawati Rainarli
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2012): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v1i2.58

Abstract

Salah satu metode numerik yang digunakanuntuk menyelesaikan persamaan diferensial biasaadalah metode beda hingga, dalam paper inidiberikan simulasi penerapan metode tersebut untukmenyelesaikan masalah nilai batas kususnya untukmengukur besar defleksi dari bejana tekan.Diberikan pula perbandingan galat dari dua caraperhitungan metode beda hingga yaitu fowarddifference dan center difference. Hasilnyamenunjukkan bahwa perhitungan dengan cara centerdifference lebih baik dibandingkan dengan fowarddifference.
IMPLEMENTASI ALGORITMA KOMPRESI LZW PADA DATABASE SERVER Hidayat Hidayat; Tri Pamungkas; Wendi Zarman
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 1 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.696 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v2i1.74

Abstract

Paper ini membahas tentang implementasi algoritma kompresi LZW untuk mengkompresi data yang tersimpan dalam web server. Hal ini dilakukan untuk memperkecil ukuran data yang akan disimpan di web server. Algoritma LZW yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem manajemen basis data MySQL. Proses kompresi dilakukan pada saat data (artikel) yang disimpan pada web server dan didekompresi setiap artikel tersebut akan dibaca.Algoritma LZW yang merupakan dictionary based compression sangat efektif mengkompresi data teks yang memiliki banyak pola huruf, kata ataupun kalimat yang berulang, semakin banyak pembendaharaan gabungan string dalam dictionary tambahan pada suatu plaintext maka semakin baik hasil kompresi plaintext tersebut. Hasil implementasi algoritma LZW pada web server penyimpanan artikel menjadi bertambah banyak, terlihat dari nilai persentase penghematan penyimpanan setiap artikel berkisar antara 11,6656% sampai dengan 16,6656% untuk perhitungan nilai rata-rata persentase penghematan 200 sampai dengan 1.000 karakter pertama dari sepuluh buah artikel acak.
PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKRUTMEN PEGAWAI BARU DI PT. ABC Astri Herdiyanti; Utami Dewi Widianti
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 2 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.968 KB) | DOI: 10.34010/komputa.v2i2.91

Abstract

PT. ABC adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyedia barang dan jasa. Adanya perbedaankriteria pegawai pada masing-masing klien membuatperusahaan kesulitan dalam menentukan pegawaiyang tepat dan menyelesaikan proses rekrutmentepat waktu. Oleh karena itu dibangunlah sistempendukung keputusan sebagai solusi daripermasalahan tersebut. Sistem yang dibangungmenggunakan metode Analitycal Hierarchy Process(AHP). Metode ini memberikan prioritas pilihan daribanyak kriteria dan alternatif penilaian. Toolspengembangan perangkat lunak pada sistem inimenggunakan Data Flow Diagram (DFD) untukmenggambarkan model fungsional dan EntityRelationship Diagram (ERD) untuk menggambarpemodelan aliran data dan informasi serta flowmapuntuk menggambar sistem yang sedang berjalan.Berdasarkan hasil pengujian alpha yangmenggunakan Black Box dan pengujian Bethadengan metode wawancara diperoleh hasil bahwaaplikasi ini memudahkan dalam menentukanpegawai sesuai kriteria masng-masing klien danproses rekrutmen berjalan lebih baik karena dapatdiselesaikan lebih cepat

Page 1 of 17 | Total Record : 164


Filter by Year

2012 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 2 (2023): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 12 No 1 (2023): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 11 No 2 (2022): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 11 No 1 (2022): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 2 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 9 No 2 (2020): SettingsVol 9 No 2 (2020): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 9 No 1 (2020): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 8 No 2 (2019): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 8 No 1 (2019): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 7 No 2 (2018): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 7 No 1 (2018): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 6 No 2 (2017): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 6 No 1 (2017): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 5 No 2 (2016): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 5 No 1 (2016): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 4 No 2 (2015): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 4 No 1 (2015): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 3 No 2 (2014): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 3 No 1 (2014): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 2 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 2 No 1 (2013): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2012): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika More Issue