cover
Contact Name
Galih Hermawan
Contact Email
galih.hermawan@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
komputa@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
ISSN : 20899033     EISSN : 27157849     DOI : 10.34010
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah KOMPUTA (Komputer dan Informatika), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan Komputer dan Informatika. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 140 Documents
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUBLIKASI DIGITAL PADA USAHA KULINER BERMODAL SEDERHANA Riyanto Dwi Raharjo; Leonardi Paris Hasugian
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i1.6529

Abstract

Dalam industri kuliner terdapat dua kategori usaha yakni bermodal besar, dan bermodal sederhana. Kedua kategori ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sering kali terlihat banyak dari usaha kuliner yang tidak bertahan lama dalam operasinya, terutama kuliner sederhana. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah minimnya publikasi pada kuliner sederhana. Jangkauan informasi kuliner sederhana juga tidak begitu luas. Banyak platform kuliner digital seperti Zomato atau Foodsesive. Dengan platform seperti zomato kuliner besar dapat melakukan publikasi dengan lebih efektif yang akan berdampak pada jangkauan dan jumlah pelanggan. Banyak usaha kuliner sederhana yang gagal berkembang akibat kurangnya pelanggan. Penyebab utamanya adalah informasi kuliner sederhana tidak tersebar luas. Penelitian ini bermaksud untuk membangun sistem informasi publikasi digital khusus untuk kuliner sederhana. Sistem akan menyediakan lahan bagi pelanggan dan pemilik usaha untuk berbagi informasi. Dimulai dari alamat, harga, hidangan, hingga penilaian pelanggan. Metode deskriptif digunakan dalam penyusunan penelitian, guna menghasilkan penelitian mendetail terhadap lingkungan usaha, objek penelitian, serta kerangka sistem yang berjalan pada objek penelitian. Hasil pembangunan sistem informasi publikasi ini adalah sebagai sistem informasi publikasi digital bagi kuliner sederhana yang membutuhkan tempat menyebarkan informasi dan memasarkan usahanya dengan lebih baik.
GAME EDUKASI PETUALANGAN BUDI DAN AYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA BARAT Muhammad Tabah Permana K; Riani Lubis
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i1.6530

Abstract

Budaya Jawa Barat merupakan warisan leluhur yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi dengan berbagai cara. Salah satu cara mengenalkan budaya Jawa Barat adalah melalui pengajaran di jenjang pendidikan dasar. Hal ini dilakukan karena dirasa penting untuk mengenalkan budaya Jawa Barat sejak dini pada generasi muda. Pengaruh budaya asing yang semakin gencar dan belum adanya media belajar budaya yang menarik mengakibatkan perhatian terhadap budaya terutama di Jawa Barat makin berkurang dan dikhawatirkan generasi muda tidak mengenal sama sekali kebudayaan yang berasal dari daerahnya sendiri. Game edukasi Petualangan Budi dan Aya memberikan alternatif untuk mempelajari permainan tradisional Jawa Barat untuk menambah pengetahuan generasi muda terhadap permainan tradisional. Metode yang digunakan untuk membangun game edukasi ini adalah GDLC versi Blitz Game Studio. Hasil dari penelitian yaitu disebarkan kuesioner kepada 30 orang didapatkan hasil bahwa game edukasi Petualangan Budi dan Aya berhasil meningkatkan pengetahuan generasi muda terhadap permainan tradisional Jawa Barat.
PENERAPAN DESAIN SISTEM MENGGUNAKAN METODE ATOMIC DESIGN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI Hari kurniawan; Fakhrian Fadlia Adiwijaya
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i1.6531

Abstract

Universitas Muhammadiah Sukabumi (UMMI) merupakan instansi yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Ummi memiliki berbagai website yang digunakan sebagai perantara antara mahasiswa dengan pihak universitas yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Dalam pengembangan websitenya terdapat perbedaan pendapat antara pihak universitas sebagai pemangku keputusan dengan pihak pengembang websitenya yang menyebabkan ketidak konsistenan tampilan antarmuka dan lamanya proses pembuatan desain karena desainer selalu membuat konsep desai dari awal. design system merupakan guidline dan dokumentasi yang terdiri dari kumpulan komponen user interface (UI) yang saling terhubung, metode yang digunakan menggunakan atomic design. dengan menggunakan design system diharapkan ketidak konsistenan dalam mengembangkan produk dan lamanya proses desain di Ummi dapat diatasi. Berdasarkan hasil pengujian waktu keseluruhan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas setelah design system diterapkan adalah 1 jam 30 menit 48 detik, hal tersebut berkurang dari hasil pengujian pra riset yang membutuhkan waktu 2 jam 26 menit 44 detik. dalam menyelesaikan tugas mencapai 88% dari target 80% dan efisiensi waktu keseluruhan mencapai 86% dari target 80%. sehingga dengan dibuatnya design system merupakan solusi yang tepat diimplementasikan di UMMI sukabumi.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI BAN MOBIL PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR BAN IMPOR Tajri Nurwandi Mardiyanto; Riani Lubis
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i1.6533

Abstract

Sebuah perusahaan distributor ban mobil yang berlokasi di daerah Bandung, menjadi objek penelitian ini. Perusahaan ini mengimport ban mobil berbagai ukuran dari negara Cina. Permasalahan yang terjadi di perusahaan tersbut diantaranya adalah sering terajadinya kelebihan muatan di gudang penyimpanan ban yang disebabkan oleh fluktuatifnya permintaan ban serta pengaturan dalam penyimpanan ban di gudang penyimpanan yang mempertimbangkan kapasitas maksimum dari gudang tersebut. Maka solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membangun suatu sistem informasi manajemen inventori. Adapun perencaan pemesanan menggunakan Economic Order Quantity (EOQ), Proses keluar masuk barang menggunankan metode Pick To Order dengan mengaplikasikan metode First In First Out (FIFO) dan Last In First Out (LIFO), Dan Proses penyimpanan ban menggunakan metode Class Based Storange. Berdasarkan hasil pengujian sistem dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen inventori yang dibangun dapat mempermudah manajer operasional dalam menentukan jumlah ban yang akan dipesan setiap pemesanannya, mempermudah admin gudang saat proses keluar masuknya ban, mempermudah admin gudang dalam menentukan jumlah maksimal kapisatas gudang karena ban yang lebih tertata
PENERAPAN TEKNOLOGI GEOFENCE PADA APLIKASI PEMESANAN KAMAR KOSAN Muhamad Iqbal Baehaqi; Taryana Suryana
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i1.6534

Abstract

Penyedia kamar kosan di wilayah kota Bandung dewasa ini sangatlah banyak. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Diiringi dengan perkembangan teknologi informasi, maka saat ini informasi yang berkaitan dengan kamar kosan yang tersedia di kota Bandung dapat diperoleh calon penyewa kamar melalui sebuah situs. Begitu pula halnya dengan pemesanan kamar kosan. Salah satu situs penyedia layanan tersebut adalah E-kosan. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, diketahui bahwa calon penyewa kamar kosan aplikasi mobile untuk memperoleh informasi tentang kamar kosan di wilayah kota Bandung serta layanan pemesanan kamar kosan. Oleh karena itu, E-kosan menjadi tempat studi kasus dalam penelitian ini. Pada penelitian ini menerapkan Google Play Services Location API untuk pencarian lokasi kosan terdekat.
PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BAGI TENAGA PENDIDIK DI SMP AL FALAH DAGO Muhammad Iqbal Al Hafidz; Riani Lubis
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 1 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i1.6535

Abstract

Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang dikelola oleh yayasan (swasta) maupun negeri, selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidiknya (guru). Salah satu diantaranya dengan mengikutsertakan guru-guru untuk megikuti pelatihan atau workshop kurikulum atau pun pelatihan atau workshop pendalaman materi mata pelajarang yang diampu oleh guru-guru tersebut. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semua guru dapat mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini terjadi karena adanya keterbatasan kuota peserta yang diberikan oleh penyelenggara pelatihan terhadap sekolah-sekolah. Oleh karena itu, guru-guru yang tidak dapat mengikuti pelatihan tersebut, tidak mendapat pengetahuan hasil pelatihan tersebut. Penerapan Knowledge Management System (Sistem Manajemen Pengetahuan) di sekolah khususnya bagi tenaga pendidik, diharapkan dapat mengatasi hal tersebut di atas. Diharapkan dengan adanya sistem ini, dapat dilakukan penyimpanan dokumen hasil pelatihan, sharing materi, bahkan diskusi. Sehingga guru yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan tetap dapat kesempatan memperoleh pengetahuan hasil pelatihan tersebut.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN OBAT DI GUDANG APOTEK KELUARGA CIANJUR Muhamad Rizky Maulana; Riani Lubis
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 2 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i2.6804

Abstract

Persediaan obat pada sebuah gudang Apotek tidak dapat dipandang sebelah mata. Aliran masuk dan keluarnya obat pada sebuah gudang apotek harus dipantau dengan ketat, karena hal ini berkaitan dengan nyawa manusia yang akan mengkonsumsi obat tersebut. Hal utama yang harus dipantau adalah tanggal kadaluarsa dari setiap obat yang disimpan. Jika obat yang telah lewat tanggal kadaluarsa sampai ke tangan konsumen, tentu akan membahayakan nyawa konsumen tersebut. Gudang apotek Keluarga merupakan sebuah tempat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan obat-obatan. Obat yang disimpan di gudang tersebut akan dikeluarkan menuju apotek yang menyediakan obat-obatan bagi pasien klinik Keluarga dan bagi masyarakat umum. Oleh karena itu, dirasakan penting untuk mengendalikan persediaan obat di gudang apotek Keluarga untuk menghindari penumpukkan obat hingga obat-obatan tersebut melampaui batas waktu kadaluarsa. Sebuah sistem informasi manajemen persediaan obat, diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kondisi tersebut. Dengan adanya sistem ini, diharapkan Kepala Bagian Gudang dapat menentukan jumlah obat yang akan dipesan beserta frekuensi pemesanannya. Hal ini, diharapkan akan meminimalisir penumpukan obat yang kadaluarsa. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah pemesanan obat yang optimal adalah metode Economic Order Quantity (EOQ).Selain itu juga menggunakan metode Reorder Point (ROP) untuk menentukan pemesanan kembali. Persediaan obat pada penelitian dikelompokkan dengan menggunakan metode ABC dalam pengelompokkan obat
PENERAPAN PROFILE MATCHING UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS : PT DELTA GARDA PERSADA) Nita Rosmania; Titin Kristiana
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 2 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i2.6805

Abstract

Kinerja karyawan yang berkualitas menentukan perkembangan dan kemajuan suatu perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Dalam suatu perusahaan, karyawan merupakan asset yang harus dijaga dengan baik. Karyawan yang berkualitas adalah yang memiliki etos kerja yang tinggi, maka penting bagi setiap pimpinan untuk menentukan dan memilih karyawan terbaik untuk mendapatkan penghargaan atas kerja keras yang dihasilkan. Adanya suatu penghargaan terhadap karyawan dapat menciptakan semangat dan motivasi dengan kriteria yang ditentukan oleh masing-masing pimpinan. Proses penilaian kinerja karyawan pada PT Delta Garda Persada masih bersifat subyektif dan hanya berdasarkan faktor tertentu saja. Oleh karena itu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan yang dibuat, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Profile Matching. Beberapa kriteria penilaian yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan penilaian kinerja karyawan di PT Delta Garda Persada yaitu Aspek Sikap Kerja, Aspek Kecerdasan, Aspek Kinerja. Maka dari itu pengambilan keputusan dengan metode Profile Matching akan menjadi lebih cepat, akurat, efektif dan efisien untuk membantu pimpinan menghasilkan keputusan yang terbaik.
SISTEM REGISTRASI SURAT PERINTAH TUGAS (SPT) DI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG DAN PERTANAHAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU Fakhrian Fadlia Adiwijaya; Dikri Salik Amaruloh; Andre Riana Mulya
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 2 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i2.6806

Abstract

Dinas PUPR merpakan salah satu dinas yang ada di bawah pemerintahan kota Tanjungpinang Provinsi kepulauan riau, lingkup pekerjaannya meliputi bidang pekerjaan umum dan tata ruang di pemerintahaan kota Tanjungpinang. Dalam melaksanakan tugasnya diperlukan surat perintah tugas (SPT) yang diserahkan ke bidang sekretariat. Pencatatan SPT yang dilakukan saat ini memiliki kekurangan saat akan melakukan pencarian data yang sudah dicatat, dan pembuatan laporan SPT setiap bulannya, sehingga diperlukan aplikasi untuk membantu registrasi SPT di dinas PUPR tersebut. Aplikasi yang akan dibangun akan menggunakan teknologi website dengan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi yang dibangun dapat membantu pelaksanaan registrasi SPT dari mulai penyimpanan, pencarian data, serta pembuatan laporan bulanan di dinas PUPR.
SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PRODUK DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI CV. XYZ Iqbal Aditya Pangestu; Gentisya Tri Mardiani
Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol 10 No 2 (2021): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Publisher : Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/komputa.v10i2.6807

Abstract

Saat ini, CV XYZ menghadapi permasalahan yaitu sulit menentukan produk yang mungkin diminati oleh pelanggan dan akan ditawarkan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan karena perusahaan ingin pelanggan tertarik melakukan pembelian tidak hanya membeli produk yang sama secara terus menerus. Diketahui bahwa saat ini, lebih dari 50% pada tiga bulan terakhir pelanggan membeli produk yang sama. Belum memiliki sistem penanganan keluhan yang dapat membantu proses penanganan keluhan secara langsung dan mengenai penyebaran informasi mengenai promo dan produk-produk yang dijual di CV. XYZ yang belum dapat menyebarkan secara luas Salah satu cara membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membangun sistem yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan produk yang akan direkomendasikan, dalam hak ini dapat menggunakan metode Item Collaborative Filletering, dengan pendekatan Customer Relationship management (CRM) Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses rekomendasi produk dengan pengiriman informasi rekomendasi melalui SMS, penyebaran informasi promosi dan produk melalui website, dan proses penanganan keluhan.

Page 1 of 14 | Total Record : 140


Filter by Year

2012 2022