Dalam kehidupan sehari-hari bidang kegiatan transportasi sangat penting, secara umum diartikan sebagai perpindahan barang atau orang dari satu tempat ketempat lain. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat dan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka aktivitas transportasipun juga meningkat. Dengan transportasi yang lancar maka distribusi barang dan jasa juga akan semakin mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut primary pulley pada transmisi sepeda motor scoopy 110 cc tahun 2014 yang responsive untuk mengetahui pengaruh sudut kemiringan primary pulley dari sudut pulley standart dipakai 15,5º menjadi 12o dan 13º. Pulley adalah komponen terpenting dalam motor matic yang berguna untuk memindahkan kecepatan yang sudah sesuai dengan RPM pada mesin secara otomatis tanpa menggunakan gigi transmisi. melainkan menggunakan v-belt sebagai penghubung atau penerus putaran yang terjadi pada kedua pulley. Hasil penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi sudut kemiringan primary pulley 12o dan 13o terhadap daya dan torsi. Dengan menggunakan sudut Primary Pulley 12 pada kecepatan rpm 6000 menghasilkan 4 Hp dan 5,42 Nm. Nm dan sudut Primary Pulley 13o pada kecepatan rpm rpm 6000 menghasilkan 7,9 Hp dan 9,35 Nm.
Copyrights © 2020