Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia
Vol 1, No 1 (2020): March

Menakar Hubungan Organisasi dan Publik di Media Baru (Analisis Isi Corporate Tweets Industri Perbankan, Otomotif, dan Telekomunikasi)

Syaifa Tania (Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Popularitas penggunaan media sosial baik di kalangan masyarakat maupun pelaku industri telah membawa warna baru dalam dinamika praktik komunikasi antara organisasi dan publik. Proses komunikasi yang bersifat egaliter, langsung, dan dialogis mendorong lahirnya optimisme sebagian kalangan yang meyakini bahwa media sosial mampu mewujudkan hubungan yang setara dan harmonis antara organisasi dan publik. Meskipun demikian, premis tersebut merupakan gagasan yang utopis. Penelitian ini berupaya menakar hubungan organisasi dan publik yang tercermin melalui diskusi dalam corporate tweet akun Twitter perusahaan di bidang industri telekomunikasi, otomotif, dan perbankan sepanjang periode 21 Juli-3 Agustus 2014. Periode tersebut merupakan rentang dengan tingkat interaksi tertinggi di akun corporate Twitter organisasi. Hasil penelitian mengonfirmasi utopi atas gagasan di atas. Aktualisasi praktik online public relations yang diyakini mampu memfasilitasi ruang dialogis antara organisasi dan publik di media sosial tidak terwujud. Hubungan antara organisasi dan publik tidak setara dan cenderung bersifat transaksional. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa media baru tidak mengubah cara organisasi berkomunikasi dengan publik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmki

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia (JMKI) published by the Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Gadjah Mada. JMKI is dedicated to publish and disseminate research, studies, theories, and phenomena in communication science. The scope of the ...