Akademika
Vol 15, No 2 (2021): Akademika

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran Pai Materi Pokok Makanan Yang Lalal Dan Haram Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelass 9 F Smp Negeri 4 Gresik

Abdullah Al Ghozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penerapan model cooprative learning tipe Everyone Is A Teacher Here pada pelajaran PAI materi pokok yang halal dan haram dalam upaya meningkatkan hasil belajar di Kelas 9 F SMP 4 Gresik dapat di ketahui dengan menggunakan tiga tahap siklus analisis yakni perencanaan, pengamatan dan refleksi. Sehingga mampu menjawab permasalahan tentang Bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone is a teacher here pada pembelajaran PAI materi pokok makanan yang halal dan haram dapat menngkatkan keaktifan dan hasil belajar. tampak pada hasil penelitian sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe everyone is a teacher here mencapai rata-rata 74.4. ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 72.22 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa. Kemudian pada siklus II rata-rata siswa mencapai 84.38 dan pada siklus III naik menjadi 84.55. Prosentase ketuntasan klasikal naik dari 91.67 % naik menjadi 100 %. penggunaan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone a teacher here, guru dapat meningkatkan peran serta siswa dalam proses pembelajaran / siswa sebagai subyek belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akademika

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Akademika: Jurnal Studi Islam merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan. Jurnal ini memiliki P-ISSN (2085-7470) dan E-ISSN (2621-8828) yang terbit dua kali setahun ini, bulan Juni dan Desember, berisi kajian-kajian keislaman baik dalam bidang ...