JURNAL PRODUKTIVITAS
Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak

Analisis Rasio Profitabilitas dan Kaitannya Terhadap Pertumbuhan Laba Bank Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 (Studi kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia)

Iqra Wiarta (Universitas Muhammadiyah Jambi)
Aulia Yunicha Harly (Universitas Muhammadiyah Jambi)
Endah Tri Kurniasih (Universitas Muhammadiyah Jambi)
Faradilla Herlin (Universitas Muhammadiyah Jambi)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Sebagai lembaga intermediasi sebuah Bank memiliki peranan sentral dalam perekonomian sebuah negara. Sebuah bank diharapkan mampu bertahan dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi terutama setelah adanya wabah pandemi covid 19 ini. Penelitian ini berfokus pada analisis rasio profitabilitas PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk dan juga bagaimana pengaruh dari rasio tersebut terhadap pertumbuhan laba. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang bersumber dari Annual Report PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) periode 2016 sampai dengan 2020. Adapun rasio yang dijadikan penelitian yaitu rasio profitabilitas yang terdiri dari NIM, dan ROA serta Perkembangan laba Bank selama 4 tahun.Hasil penelitian menunjukan kinerja profitabilias dan perkembangan laba dari Bank BRI selama 5 tahun berfluktuasi dan memiliki kecondongan untuk meningkat setiap tahunnya hanya saja pada saat tahun 2020 mengalami penurunan. Sedangkan hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa rasio profitabilitas memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba BBRI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 ...