Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2022): volume 3 Nomor 1 Tahun 2022

WORKSHOP BIMBINGAN PENGALAMAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN PLP

Safrudin Safrudin (STKIP Rokania)
Abdul Putra Ginda Hasibuan (STKIP Rokania)
Rejeki Rejeki (STKIP Rokania)
Muslinayati Muslinayati (STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Sesuai dengan standar pendidikan guru bahwa mahasiswa program sarjana kependidikan harus mengikuti mata kuliah pengenalan lapangan persekolahan di satuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan Pelaksanaan PLP tersebut perlu di dukung oleh pembimbing dari unsur guru yang memahami secara teknis pembimbingan dan evaluasi mahasiswa peserta PLP, juga agar dapat mengarahkan mahasiswa untuk bisa memiliki kemampuan terkait dengan program sekolah. Perangkat pembelajaran dan praktek mengajar. Berdasarkan studi pendahuluan para guru SD belum memiliki pemahaman yang sama tentang teknik pembimbingan dan evaluasi mahasiswa peserta PLP, sehingga perlu dilakukan workshop kepada guru-guru SD tersebut agar mampu membimbing dan mengevaluasi hasil PLP mahasiswa. Tujuan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah untuk Mengembangkan pemahaman guru SD di Kecamatan Kepenuhan di Kabupaten Rokan Hulu dalam membimbing dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam menyusun program sekolah, perangkat pembelajaran; Mengembangkan keterampilan guru guru SD Se Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu dalam membimbing dan mengevaluasi mahasiswa peserta PLP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung teknik pembimbingan dan penilaian mahasiswa peserta PLP yang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengarahkan dan membimbing mahasiswa peserta PLP. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: Studi literatur, analisis kebutuhan guru berupa pemahaman dan keterampilan guru dalam membimbing dan mengevalausi hasil PLP, pengukuran kemampuan awal guru, mendisain program workshop, pelaksanaan workshop: berupa kajian pembimbingan peserta PLP, praktek mendisain instrumen evaluasi PLP, pemantauan dan bimbingan di lapangan oleh tim pengabdian pada masyarakat, asesmen kualitas pelaksanaan dan hasil akhir workshop peserta dan, penyusunan laporan. Hasil kegiatan menunjukan bahwa Sebagian besar guru memiliki pemahaman secara komprehensif mengenai teknik-teknik pembimbingan, pelaksanaan praktek pengenalan lapangan persekolahan, mengevaluasi proses dan memiliki keterampilan dalam mendisain instrumen observasi dan ecvaluasi: membimbing mahasiswa, mengevaluasi proses dan hasil, proses membimbing penyusunan laporan praktek pengenalan lapangan persekolahan. Dengan demikian guru akan membimbing mahasiswa PLP dan melaukan evaluasinya secara baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...