World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anak-anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Tercatat 8 sampai 9% anak prasekolah mengalami masalah psikososial khususnya masalah sosial-emosional seperti kecemasan, susah beradaptasi, susah bersosialisasi, susah berpisah dari orang tua, anak sulit diatur, dan perilaku agresif. Salah satu bentuk stimulasi yang mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya adalah gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial anak yang menggunakan telepon genggam (gadget) pada usia 3-6 tahun di TK PGRI 1 Cakranegara Karang Taliwang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 52 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 52% anak memiliki perkembangan sosial kurang dari rata-rata dan 83% anak menggunakan gadget dengan durasi > 1 jam per hari. Hasil uji korelasi Chi-Square didapatkan p-value yang berarti terdapat perkembangan sosial anak yang menggunakan gadget pada usia 3-6 tahun di TK PGRI 1 Cakranegara Karang Taliwang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua untuk lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak dan perlu adanya pengawasan serta ketegasan dalam memberikan batasan kepada anak dalam bermain gadget
Copyrights © 2019