Jurnal Transportasi, Logistik, dan Aviasi (JTLA)
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Transportasi, Logistik, dan Aviasi (JTLA)

STRATEGI PELAYANAN PERUSAHAAN JASA KEAGENAN KAPAL DALAM MENANGANI KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL

Lis Lesmini (Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia)
Deny J. Najoan (Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia)
Muhammad Nurman Ruslani (Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia)
Muhammad Iqbal Firdaus (Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia)
Primadi Candra Susanto (Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia)
Ryan Firdiansyah Suryawan (Sekolah Tinggi Penerbangan AVIASI)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan PT. Bahari Eka Nusantara Jakarta, yang bergerak dalam bidang keagenan kapal dalam menangani kedatangan dan keberangkatan kapal niaga. Strategy pelayanan dilakukan kepada para pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, meminimalisir adanya kendala, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat untuk proses kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal (clearance in dan clearance out). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di PT Bahari Eka Nusantara Cabang Jakarta, Jakarta Utara, Indonesia. Waktu penelitian pada bulan April-juni 2021. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik Analisa data narrative dan content analysis diterapkan untuk menginterpretasi data temuan yang diperoleh melalui narasumber dan pengamatan. Triangulasi temuan dilakukan pada sumber data dari observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh PT. Bahari Eka Nusantara sudah cukup baik, akan tetapi masih kurang maksimal karena faktor habis masa berlaku dokumen kapal, system down saat mengakses Inapornet, masih kurang telitinya karyawan perusahaan dalam memeriksan masa berlaku sertifikat kapal, kurangnya pengetahuanya SDM dalam mengakses system inaportnet, jam kerja istansi Pelabuhan yang dapat mempengaruhi proses kedatangan dan keberangkatan kapal sehingga menghambat proses kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtla

Publisher

Subject

Transportation

Description

Jurnal Transportasi, Logistik, dan Aviasi (JTLA), merupakan kumpulan karya ilmiah yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan pihak lain yang berminat di bidang Transportasi, Logistik, dan Aviasi yang relevan bagi pengembangan profesi dan ...