Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 3 No. 1 (2022): JANUARI 2022

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Arinanda Amelia Irwan (Universitas PGRI Palembang)
Patricia Hotma Minar Lubis (Universitas PGRI Palembang)
Lefudin Lefudin (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan software tracker.  Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest –posttest one group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa esai 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest 54,3 dan posttest 85. Kemudian berdasarkan hasil uji t thitung ≥ ttabel 14.924 ≥ 2.0595. maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima.sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning  berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...