cover
Contact Name
Lukman Hakim
Contact Email
lukmanhakim@univpgri-palembang.ac.id
Phone
+6282127001596
Journal Mail Official
lukmanhakim@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
ISSN : 27156990     EISSN : 27159582     DOI : 10.31851/luminous.v2i2.5557
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, dan penelitian pengembangan. Cakupan jurnal ini meliputi: Pembelajaran fisika (pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran). Evaluasi pembelajaran fisika. ICT pembelajaran fisika. Media pembelajaran fisika dan alat peraga fisika. Sumber belajar fisika (buku, modul, bahan ajar, dan lainnya). Kajian lainnya yang relevan dengan Pendidikan Fisika.
Articles 53 Documents
PENGGUNAAN ADAPTASI INSTRUMEN EPEPECT UNTUK MEMBEDAKAN SISWA YANG MENGALAMI MISKONSEPSI DAN MENGETAHUI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA MA KELAS XII PADA KONSEP MEDAN LISTRIK, POTENSIAL LISTRIK DAN ENERGI POTENSIAL LISTRIK Muhammad Iqbal; Achmad Samsudin; Ridwan Efendi
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v1i1.3454

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa terhadap konsep medan listrik, potensial listrik, dan energi potensial listrik dengan menggunakan adaptasi instrumen The Electric Potential and Electric Potential Energy Concept Test (EPEPECT). EPEPECT merupakan instrumen yang berupa pilihan ganda disertai dengan tingkat keyakinan pada tiap nomornya. Adaptasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan opsi pada pilihan ganda, sehingga tidak menggunakan reasoning terbuka dengan tujuan siswa tidak memberikan jawaban diluar opsi yang diberikan. Penelitian menggunakan metode survei yang termasuk kedalam pendekatan kuantitatif non-eksperimen. Teknik pengambilan sampel berupa sampel bertujuan (purposive sample). Sampel penelitian 164 siswa yang berada di empat sekolah Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten dan Kota Cirebon. Untuk membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi dan mengetahui tingkat miskonsepsi siswa, dilakukan perhitungan dengan merujuk pada format respons siswa yang terdapat pada Tesis Vatansever. Penelitian menggunakan 5 soal yang telah di adaptasi yang mencakup konsep medan listrik, potensial listrik dan energi potensial listrik. Berdasarkan penelitian, kecenderungan jawaban siswa yang mengarah ke miskonsepsi terdapat pada kategori greatest possible misconception, sebesar 32% untuk konsep medan listrik, sedangkan sebesar 31% pada konsep potensial listrik dan konsep energi potensial listrik sebesar 23%. Tingkat miskonsepsi siswa, sebanyak 75 siswa terjadi miskonsepsi rendah (low misconception) yakni pada rentang 0-14 dan 89 siswa terjadi miskonsepsi tinggi (high misconception) pada rentang 16-28.
PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS MENGGUNAKAN MEDIA LIVEWORKSHEET Yohanna Margaretha Sihombing; Putri Almaida; Siti Nurholipah; Indah Oktaviani; Asep Saefullah
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2022): JANUARI 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v3i1.6713

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghemat waktu guru dan siswa dalam mengerjakan dan mengirim tugas secara online, menggunakan media pembelajaran Liveworksheet untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan standar kompetisi memahami materi tentang Tekanan Hidrostatis. Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 3 tahapan yaitu tahap pembuatan konsep yang meliputi analisis awal, analisis akhir, pengumpulan materi dan pendukung materi; tahap pembuatan produk yang meliputi design dan assembly; tahap uji coba (testing) yang meliputi validasi oleh ahli. Hasil penilitian kelayakan Pengembangan LKPD Interaktif Pada Materi Tekanan Hidrostatis Menggunakan Media Live Worksheet didapatkan hasil rata-rata dari 5 validator sebesar 4,538 dan sudah termasuk pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata jumlah penilaian yang dilakukan oleh kelima validator didapatkan hasil skor lebih dari 4,21 yang dapat menunjukkan produk yang telah dikembangkan sudah memenuhi aspek yang dinilai yaitu aspek materi, penyajian dan kebahasaan serta layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN STRATEGI READING INFUSION Bayu Sugara
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 2 (2021): JULI 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v2i2.5557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan strategi reading infusion. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII disalah satu SMP Negeri Kabupaten Sambas. Sampel penelitian diambil secara Convenience Sampling yaitu siswa kelas VIII A disalah satu SMP Negeri Kabupaten Sambas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 67,22 dan dari 30 siswa yang mengikuti tes hanya 13 siswa yang memahami konsep sedangkan 17 siswa lainnya tidak memahami konsep. 2) Hasil wawancara yang dilakukan pada 13 orang yang memahami konsep menggambarkan bahwa siswa tertarik dengan reading infusion serta berminat pada bahan bacaan sedangkan 17 siswa lainnya juga tertarik dengan reading infusion serta berminat pada bahan bacaan, akan tetapi masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya yang menggunakan strategi reading infusion dalam pelaksanaan pembelajaran agar dipadukan dengan strategi lain agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROJEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA Agi Dahtiar
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 2 (2020): JULI 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v1i2.4746

Abstract

Hasil studi pendahuluan di salah satu SMA Negeri di Bandung menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih bersifat informatif. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Proses pembelajaran model NHT dengan pendekatan projek memberikan kesempatan pada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat dalam suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA. Metode penlitian yang digunakan adalah jenis pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas X-1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa pilihan ganda. Dari hasil penelitian menunjukan rata-rata gain ternormalisasi  <g> antara pretes dan postes, menghasilkan gain <g> sebesar 0,41, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif siswa pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model numbered head together (NHT) dengan pendekatan projek dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
PENGARUH MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI SMA Lutfiana Dewi; Susilawati Susilawati; Wawan Kurniawan
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 1 (2020): JANUARI 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v1i1.3443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Lectora Inspire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Difraksi dan Interferensi Gelombang Mekanik kelas XI program MIPA di SMA N 1 Kayen. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Kayen. Sampel penelitian dipilih secara acak. Didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi data, metode tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Difraksi dan Interfrensi Gelombang Mekanik Kelas XI SMA N 1 Kayen Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGEMBANGAN E-MODUL LISTRIK STATIS BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR FISIKA Yaspin Yolanda
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v2i1.5235

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya E-Modul, ketidakpahaman siswa dalam menguasai konsep listrik statis, kesulitan siswa dalam operasi hitung seperti menyederhanakan pecahan mengubah satuan CGS menjadi KGS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan E-Modul ditinjau dari tingkat validitas, kepraktisan dan efektivitas penggunaan E-Modul. Teknik Pengumpulan data berupa angket dan tes hasil belajar. Analisis data ini dilakukan pada tahap pendahuluan, saat pengembangan E-Modul ajar, analisis data pada tahap validasi, evaluasi, dan revisi E-Modul, serta pada tahap implementasi E-Modul ajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa hasil penilaian kelayakan kualitas E-Modul listrik statis berbasis kontekstual dikatakan valid dan memenuhi kriteria sangat baik dengar capaian adalah 84,83% (Sangat Baik). Untuk uji kepraktisan E-Modul yang dikembangkan. Hasil angket yang telah diisi oleh 31 siswa tersebut mendapatkan rata-rata skor 32,3% dengan kategori praktis. Selanjutnya efektivitas E-Modul berdasarkan hasil belajar siswa diambil dari nilai tes kemudian hasil dari skor akumulasi dianalisa diperoleh nilai N-GAIN sebesar 0,75 dengan kategori peningkatan tinggi, berdasarkan uji hipotesis efektivitas dengan  t tabel  dengan  dk= n – 1 = 31 – 1= 30  dengan α < 0,1 maka  thitung> ttabel yakni 1,988 > 1,650  maka Ha diterima dan Ho ditolak. Setelah ujian tes terdiri 10 soal. Dengan demikian E-Modul listrik statis berbasis kontekstual sudah dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BUKU AJAR FISIKA TERMODINAMIKA BERBASIS KONTEKSTUAL Yaspin Yolanda; Muhamad Imaduddin
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 1 (2021): JANUARI 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v2i1.5190

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti di MAN 1 Model Lubuklinggau yang menunjukkan bahwa mata pelajaran termodinamika masih belum bisa mengukur kemampuan kognitif siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan, dan 72,5 persen siswa mendapatkan nilai kurang memuaskan yakni mendapat nilai dibawah 60. Bedasarkan permasalahan diatas, pengembangan buku ajar ini bertujuan untuk mengetahui efek potensial buku ajar termodinamika yang sesuai dengan kebutuhan siswa pendidikan fisika STKIP PGRI Kota Lubuklinggau. Metode research and development yang digunakan menurut Borg dan Gall, karena sangat cocok untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Adapun Tahapannya terdiri dari 10 langkah yakni (1) pengumpulan data, (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) Revisi pertama, (6) uji coba kelas kecil, (7) Revisi kedua, (8) Uji kelas luas, (9) revisi akhir, dan (10) diseminasi produk. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan buku ajar mata kuliah termodinamika berbasis kontekstual pada semester ganjil serta sampel diteliti pada uji coba one to one, uji coba small group dan uji field test menunjukkan buku ajar termodinamika ini berbasis kontekstual adalah valid, praktis dan efektif dengan kategori baik. Hasil penilaian validator terhadap kualitas buku ajar fisika berbasis kontekstual dengan presentase 88,73%. Ketuntasan efektivitas pembelajaran secara klasikal sebesar 85,7% dan sangat efektif digunakan meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa sangat baik.
HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA : SEBUAH REVIEW Fernando Fernando; Niki Dian Permana P; Susilawati Susilawati; Aldeva Ilhami
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 2 (2020): JULI 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v1i2.4416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah meta-analisis dengan sampel 15 artikel di jurnal terakreditasi. Hasil penelitian artikel review membuktikan adanya pengaruh model  pembelajaran kooperative terhadap dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK Arinanda Amelia Irwan; Patricia Hotma Minar Lubis; Lefudin Lefudin
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2022): JANUARI 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v3i1.7079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan software tracker.  Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest –posttest one group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa esai 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest 54,3 dan posttest 85. Kemudian berdasarkan hasil uji t thitung ≥ ttabel 14.924 ≥ 2.0595. maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima.sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning  berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik.
ANALISIS KOEFISIEN GESEK STATIS BENDA PADA BIDANG MIRING MENGUNAKAN APLIKASI VIDEO TRACKER Avelina Tancenca
Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 2 (2021): JULI 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/luminous.v2i2.5919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai koefisen gesek statis  antara eprmukaan balok kayu dengan ukuran 8×4×4 cm terhadap bidang miring papan kayu. Pada penelitian ini fungsi pengamatan diganti mengunakan kamera video handphone. Analisis video meliputi penentuan posisi horizontal (x) dan vertikal (y) benda saat gaya gesek statis maksimum tercaapi (benda tepat akan bergerak). Dalam penelitian ini perhitungan sudut dilakukan secara manual hasil nilai rata-rata koefisien gesek statis antara balok kayu terhadap bidang papan kayu dalam penelitian ini didapatkan sebesar 0,7639.